Selamat Datang di Website Resmi BPR Sinar Mitra Sejahtera
JAM KERJASenin-Jumat 08.00-17.00
ALAMATJl. Indraprasta 76, Semarang
KONTAK KAMI(024) 356 8366

Berita PT. BPR Sinar Mitra Sejahtera

Ingin Dapat Kebahagiaan Finansial, Coba Lakukan Hal Ini

Selasa 20 Maret 2018

Berapa pun besar kecilnya penghasilan yang diterima setiap bulan tidak akan pernah cukup jika tidak dikelola dengan baik.

Mengontrol keinginan sangat perlu dilakukan agar pengeluaran dapat terkendali. Dengan begitu kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi.

Agar pengeluaran tetap terkontrol dan keuangan tetap baik, Anda perlu melakukan tips mengelola keuangan seperti yang akan dibahas berikut ini.

1. Batasi Keinginan
Keinginan untuk berbelanja di luar daftar anggaran mungkin timbul saat anda mengunjungi mall atau supernarket lainnya. Dan perhatikan juga saat membeli barang yang diskon.

Tidak dapat dipungkiri tawaran menarik seperti diskon sering kali muncul keinginan untuk berbelanja lebih. Jika tidak disikapi dengan baik pengeluaran pun akan terus meningkat.

Mengontrol keinginan saat berbelanja sangat penting agar pengeluaran tetap terkontrol pada pos-pos yang sudah ditentukan telaah terlebih dahulu apakah barang tersebut dibutuhkan atau diinginkan.

2. Kebutuhan Menjadi Nomor Satu
Kebutuhan menduduki posisi tertinggi dibandingkan keinginan. Sangat penting bagi Anda untuk mampu membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana menjadi keinginan.

Adapun yang termasuk kebutuhan, seperti biaya makan dan minum, biaya listrik, telepon, internet, asuransi, dan biaya pendidikan anak.

3. Sisihkan Uang untuk Kebutuhan Pribadi
Selain menyusun anggaran kebutuhan, Anda juga perlu menyusun anggaran pribadi yang tujuannya lebih mengarah ke individu yang bersangkutan. Misalnya, pergi ke salon, perawatan wajah, beli pakaian baru, dan lain-lain.

Persentase anggaran yang disisihkan untuk kebutuhan pribadi sebaiknya tidak terlalu besar agar kondisi keuangan tetap sehat.


4. Menahan Diri
Mall, supermarket, dan outlet yang terdapat dipusat perbelanjaan terkadang memiliki penawaran yang menarik seperti diskon, promo, dan reward yang diberikan untuk menarik para pengunjung yang mampir.

Sadar atau tidak, Anda sering terjebak dengan promo-promo tersebut sampai uang belanja benar-benar habis.

Trik diskon dan semacamnya sebaiknya perlu disikapi dengan bijak. Anda perlu tahu kalau harga yang menempel pada barang bukanlah harga asli.

Kebanyakan toko sudah menaikkan harga barang terlebih dahulu agar menjadi lebih mahal setelah didiskon. Trik ini dilakukan agar toko yang bersangkutan tidak rugi.

5. Memanfaatkan Uang Koin 
Eksistensi dari uang koin atau receh perlahan-lahan mulai berkurang. Uang receh dianggap tidak berharga karena nominalnya yang terlalu kecil. Padahal, uang receh menjadi asal mula lahirnya uang kertas seperti yang Anda kenal sekarang. 

Apabila Anda memiliki uang receh, jangan dibuang ya. Simpan dan kumpulkan uang receh tersebut dalam satu wadah khusus. Setelah jumlahnya banyak, Anda bisa menukar uang receh tersebut ke bank menjadi uang kertas. Bisa juga digunakan sebagai alat transaksi untuk harga barang yang nominalnya kecil.

6. Gunakan Uang Tunai
Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit memang menguntungkan karena kartu kredit banyak memberikan promo dan diskon yang menarik. Akan tetapi kartu kredit membuat keuangan anda menjadi tidak teratur kalau dipakai terlalu sering.

Ke mana pun anda pergi selalu membawa uang tunai yang secukupnya. Sesuaikan jumlah yang dibawa dengan perkiraan biaya yang akan terjadi agar terhindar dari yang namanya "lebih besar pasak dari pada tiang."
 

7. Susun Anggaran 
Pengeluaran dapat diatur dengan membuat anggran belanja. Penting bagi anda untuk menyusun anggaran belanja dengan sedemikian rupa untuk mengontrol jumlah uang yang keluar.

Poin yang terdapat dalam anggaran dapat meliputi nama kebutuhan beserta perkiraan nominal harganya. 

Sebelum berbelanja, Anda dapat membawa daftar anggaran yang dibuat agar apa yang dibelanjakan sesuai dengan apa yang tercatat dalam anggaran. 

Sumber : detik.com