Selamat Datang di Website Resmi BPR Sinar Mitra Sejahtera

Prosedur Pengaduan

Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah

 

Mengacu kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 18/POJK.07/2018 tanggal 10 September 2018  tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 17/SEOJK.07/2018 tanggal 14 Februari 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, dengan ini kami informasikan Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah PT. BPR Sinar Mitra Seahtera yang dibuat berdasarkan prinsip independensi, keadilan, efisiensi dan efektifitas sebagai berikut :

 

Prosedur Penyampaian Pengaduan Kepada Bank

Pengajuan pengaduan kepada Bank hanya dapat dilakukan oleh nasabah atau perwakilan nasabah yang bertindak untuk dan atas nama nasabah, baik untuk Nasabah Tabungan ( Penabung ), Nasabah Deposito ( Deposan ) dan Nasabah Kredit ( Kreditur ). Nasabah dapat menyampaikan pengaduan melalui beberapa cara, yaitu :

  1. Pengaduan secara lisan dengan mendatangi kantor PT. BPR Sinar Mitra Sejahtera.
  2. Pengaduan secara tertulis dengan mengisi form pengaduan nasabah yang ada di kantor PT.BPR Sinar Mitra Sejahtera.
  3. Pengaduan per telepon dapat menghubungi no 085 727272 035.
  4. Pengaduan melalui surat dapat dikirim ke alamat  : PT BPR Sinar Mitra Sejahtera, Jl Abdulrahman Saleh No.199 Semarang  atau bisa juga melalui email : bprsinarms@gmail.com.

 

Dalam pengajuan pengaduan secara tertulis, melalui surat dan email, nasabah menyertakan beberapa dokumen sebagai berikut : 

  1. Fotocopy Identitas Diri dari Nasabah/Perwakilannya ( bersifat wajib )
  2. Surat Pernyataan yang menjelaskan permasalahan yang dialami oleh nasabah ( bersifat wajib )
  3. Dokumen-dokumen pendukung : Fotocopy Rekening BPR, Fotocopy Bukti Transaksi, Fotocopy Dokumen Pendukung terkait permasalahan yang dialami dan surat kuasa nasabah yang diwakilkan.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengaduan nasabah secara tertulis adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan inti masalah
  2. Simpan dokumen pengaduan
  3. Simpan surat menyurat dengan BPR
  4. Catat dan minta serta simpan nomor registrasi pengaduan dari BPR
  5. Mengisi dengan benar formulir pengaduan nasabah

 

Penyelesaian Pengaduan Nasabah

  1. Penyelesaian pengaduan nasabah secara lisan dan per telepon selama 2 ( dua ) hari kerja BPR, jika belum ada penyelesaian maka BPR akan mengunjungi nasabah dan meminta nasabah untuk mengisi formulir pengaduan nasabah disertai dengan bukti pendukung dan BPR segera menindaklanjuti.
  2. Penyelesaian pengaduan nasabah secara tertulis, melalui surat dan email selama 20 ( dua puluh ) hari kerja BPR, jika belum ada penyelesaian maka BPR meminta kepada nasabah untuk memperpanjang jangka waktu penyelesaian pengaduan selama-lamanya 20 ( dua puluh ) hari kerja BPR.

 

 


Kerahasiaan Data Nasabah

Bank akan menjaga kerahasiaan data nasabah yang melakukan pengaduan kepada BPR Sinar Mitra Sejahtera terhadap pihak manapun, kecuali kepada pihak Otoritas Jasa Keuangan dalam rangka penyelesaian pengaduan.

 

Apabila BPR Sinar Mitra Sejahtera telah berupaya melakukan penyelesaian pengaduan nasabah namun nasabah tidak dapat menerima penyelesaian tersebut atau proses penyelesaian pengaduan nasabah telah melewati batas waktu sebagaimana disebutkan di atas, maka nasabah dapat melanjutkan upaya pengaduan melalui Mediasi Perbankan melalui Kantor Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ).